Pertemuan Medis Teknis Tk Provinsi oleh BKKBN Provinsi Bali

Denpasar-BKKBN Bali

Dalam rangka meningkatkan akses dan kualitas pelayanan KB, Perwakilan BKKBN Provinsi Bali menggelar pertemuan Medis Teknis tingkat Provinsi pada Kamis, (26/9/2019) di Ruang Wacika Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, Denpasar
Kegiatan pertemuan ini secara langsug dibuka oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi bali, Catur Sentana . Beliau mengatakan bahwa pertemuan ini akan lebih sering membahas berbagai masalah pelayanan kesehatan yang ada saat ini sehingga hasil dari kegiatan ini diharapkan terciptanya peningkatan kualitas standar pelayanan Keluarga Berencana (KB) di masing-masing pelayanan.
“Saat ini yang perlu diperhatikan adalah kondisi pencapaian atau hasil survey terkait akuntabilitas kinerja ada yang telah memenuhi sasaran atau target awal tetapi masih ada yang belum tercapai sehingga memerlukan perhatian dalam bentuk peningkatan kualitas standar pelayanan KB agar tidak ada lagi akseptor yang memiliki keluhat terkait kesehatannya”, Ujarnya.
Catur Setana juga menjelaskan bahwa keberadaaan Unmet Need menurut Survey Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2018 sehingga harus lebih diupayakan lagi agar pasangan suami istri yang ada kembali diajak dalam pelayanan kontrasepsi sehingga Unmeet Need bisa mengalami penurunan yang lebih baik.
“Kita sebagai pengelola kesehatan harus senantiasa mencermati kondisi yang ada saat ini sehingga dengan lebih mudah mengidentifikasi hal-hal apa saya yang harus dilakukan dan bagaimana caranya kita melayani agar setiap kondisi permasalahan dapat teratasi”.
Terkait kegiatan ini Ketua Perwakilan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Karangasem , Ni Wayan Ekawati A.Md.Keb berpendapat bahwa kegiatan ini sangat penting bagi pengelola kesehatan sehingga pelayanan-pelayanan kesehatan akan terus meningkat demi masyarakat.
“Kegiatan pertemuan ini sangat penting bagi kita karena terkait dengan evaluasi-evaluasi pekerjaan kita sebagai pelayan kesehatan , sejauh mana kita sudah bekerja melihat dari angka atau peningkatan-peningkatan kualitas kerja kita sehingga apa yang kita berikan ke masyarakat itu adalah pelayanan yang berkualitas” Ujarnya.
Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemberian beberapa materi salah satunya oleh dr. I Made Darmayasa, Sp.Og (K) dan dihadiri oleh 30 orang peserta yang terdiri dari OPD-KB Kabupaten/Kota, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dan juga Fasilitas Kesehatan tingkat pertama yang ada di kabupaten/kota.