BKKBN Bali Gelar Rakorda dan Rakornis Program Bangga Kencana 2021

Denpasar, BKKBN Bali

Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Provinsi Bali melaksanakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Kemitraan Program Pembangun Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) Provinsi Bali Tahun 2021, bertempat di Ruang Wacika BKKBN pada Selasa (09/3/2021).

Kepala BKKBN RI, Dr (H.C) dr. Hasto Wardoyo, SpOG (K). Hasto dalam sambutannya menyampaikan keseriusan BKKBN dalam mendukung visi misi Presiden khususnya terkait dengan tugas dan fungsi BKKBN yaitu mewujudkan KeluargaBerkualitas dan pertumbuhan penduduk yang seimbang guna mendukung tercapainya Indonesia Maju, berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.

“ Tentunya BKKBN secara serius menjalankan tugas dalam penanganan stunting yang mana ini merupakan amanah baru yang diberikan oleh Bapak Presiden” ungkapnya.

Hasto juga menekankan bahwa percepatan penurunan stunting sangat mendesak, karena penurunan stunting memiliki multiplier effect yang luas termasuk dalam program KIA-KB, yaitu dalam penurunan angka kematian ibu-bayi, penurunan unmet need pelayanan KB dan peningkatan mCPR.

“Pemerintah daerah memegang peranan yang penting dalam pencapaian indikator-indikator percepatan penurunan stunting. Untuk itu perlu segera dirancang kerangka regulasi, kerangka pendanaan dan kerangka layanan publik agar program dan kegiatan sampai pada kelompok sasaran,” ucapnya.

Selanjutnya kegiatan dibuka secara daring atau virtual oleh Gubernur Bali dalam hal ini diwakilan oleh Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Bali, Dewa Made Indra. Dikatakannya bahwa Pemerintah Provinsi Bali mendukung penuh program Bangga Kencana khususnya dalam penanganan stunting serta mendukung terlaksananya Pendataan Keluarga Tahun 2021. Turut hadir sebagai narasumber dalam Rakorda adalah Koordinator Bidang KBKR Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, Sekretaris Badan Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Dinas PMD dukcapil Provinsi Bali, Ketua IBI Provinsi Bali dan TNI AD.